SENDY SUZUKI=>(021)9418 6448 / 0853 1175 8446 / 0814 1005 4233, PIN: 20CDA915 , ATPM Resmi Suzuki Indonesia (Buana Indomobil Trada)

Suzuki: Konsumsi BBM Ertiga 1:16,3


Suzuki: Konsumsi BBM Ertiga 1:16,3


Denpasar - Suzuki baru saja merilis secara resmi MPV Ertiga di Indonesia. MPV pendatang baru itu digadang-gadang untuk meruntuhkan determinasi Avanza dan Xenia.

Apa modal Suzuki untuk melawan dominasi duet maut? Tidak hanya dari segi desain dan kaya fitur, Suzuki mengklaim mobil ini memiliki konsumsi BBM yang irit yakni 1:16,3 km (pengujian internal Suzuki).

"Di Indonesia sudah melakukan tes BBM. Tes dilakukan dengan kondisi tertentu dan medan mewakili rata-rata pemakaian kendaraan umumnya di Indonesia. Ini sangat teknis, (variabel) mengukur konsumsi BBM sangat banyak, metode dan parameternya banyak. Dan secara angka sudah kita lakukan dan hasilnya 1:16,3 km," kata Marketing Director and Dealer Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Endro Nugroho di Denpasar Bali, beberapa waktu lalu.

Menurut Endro hasil tersebut adalah fakta. Dan hasil pengujian yang dilakukan Suzuki di Indonesia dan India hasilnya pun tak jauh berbeda.

"Sebenarnya kita tidak publikasikan, jujur kita tidak publikasikan. Kondisi ini satu proses dengan parameter yang banyak. Hasil tes 16,3:1 mirip dengan yang dilakukan di India. Ini bukan janjian, tapi ketemu angka seperti itu," pungkas Endro.

Menurut Endro Ertiga mendapatkan angka itu berkat mesin bensin K14B 4 silinder 1.373 cc DOHC 16 katup Variable Valve Timing (VVT) yang menggerakan roda depan.

Mesin tersebut diklaim dapat menyemburkan tenaga 95 Ps pada 6.000 RPM dan torsi 130 Nm pada 4.000 RPM. Selain itu mesin tersebut diakui sesuai dengan standar Euro3. Distribusi bahan bakar menggunakan Multi Point Injection.

"Jadi meskipun kapasitasnya kecil tetapi tenaga yang dihasilkan setara dengan mesin yang lebih besar," ujarnya.

Mesin mobil ini menggunakan teknologi drive-by-wire yang didukung dengan Electronic Control Module (ECM). Suzuki Ertiga berkarakter MPV tapi diklaim senyaman sedan berkat menggunakan platform Suzuki New Swift dengan sasis monoque.

Sumber : DetikOto

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More