SENDY SUZUKI=>(021)9418 6448 / 0853 1175 8446 , PIN: 20CDA915 , ATPM Resmi Suzuki Indonesia (Buana Indomobil Trada)

Inden Ertiga Dibuka Mulai Februari



Jakarta - Produsen Jepang, Suzuki sudah hampir memastikan akan segera meluncurkan mobil anyar bermodel Multi Purpose Vehicle (MPV) yang bernama Ertiga di Indonesia. Kabarnya, mobil ini akan bisa dipesan mulai pertengahan Februari mendatang.

Seorang sumber di PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan kalau mereka baru akan secara resmi membuka keran inden untuk mobil yang sudah menggunakan sistem penggerak roda depan (front wheel drive-FWD) ini pada bulan Februari mendatang.

"Sebenarnya sudah ada beberapa dealer yang melapor kalau mereka sudah menerima permintaan. Bahkan ada beberapa konsumen yang sudah berani membayar uang muka hanya dengan melihat gambarnya saja di internet. Tapi resminya kami buka SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) di Februari," jelas seorang petinggi Suzuki ini yang tidak mau disebutkan namanya.

Menurut rencana, mobil yang baru saja diperlihatkan di India tersebut akan mulai di produksi di pabrik Suzuki di Tambun. Dan di tahun 2013 mendatang jumlah produksinya akan ditambah seiring dengan pembukaan pabrik baru Suzuki di Karawang yang memiliki lahan hingga 130 hektar.

Sementara untuk peluncurannya, ada kabar yang mengatakan kalau mobil ini akan segera diluncurkan secara resmi pada bulan April mendatang. Jeda antara waktu pembukaan pesanan dengan peluncuran itu akan dimanfaatkan untuk mengirimkan mobil-mobil ke kawasan timur terlebih dahulu.

"Untuk sampai ke Manado saja bisa 3 Minggu, Jayapura 1 bulan. Kami kan tidak mau kalau pas peluncuran Ertiga ada diler yang belum dapat mobilnya, paling tidak untuk display dulu," jelasnya.

Suzuki Ertiga sendiri merupakan mobil 7 penumpang yang memiliki dimensi panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Wheelbase mobil ini berada di angka 2.740 mm. Desainnya tampak segar dengan garis yang mengalir dari facia hingga ke buritan.

Desain eksterior ini berpadu dengan interior yang memadukan dua warna dengan audio system yang sudah dilengkapi dengan USB dan 4 speaker serta 2 tweeter. Sementara untuk pengendara, kontrol audio kini sudah bisa diatur melalui tombol di roda kemudi.

Sementara untuk dapur pacunya, Suzuki menghadirkan 2 pilihan mesin pada mobil yang sudah dilengkapi dengan immobilizer ini yakni mesin bensin 1.4 liter yang merupakan mesin generasi baru dan mesin diesel 1.3 liter.

Untuk mesin bensinnya, Suzuki menaruh mesin K-series berkapasitas 1.4 liter yang mampu memuntahkan tenaga hingga 70 kW di 6.000 rpm dengan torsi 130 Nm di 4.000 rpm.

Sedangkan mesin diesel berkapasitas 1.3 liter sudah memiliki tenaga hingga 66 kW di 4.000 rpm dengan 200 Nm di 1.750 rpm sebagai torsinya. Mesin ini pun sudah dilengkapi dengan teknologi DDiS Super Turbo.

Namun, meski memiliki tenaga yang lumayan, kedua varian Ertiga ini akan datang dengan efisiensi tinggi. Untuk mesin bensinnya, Ertiga mampu membukukan efisiensi hingga 16,02 km/liter, sementara untuk mesin dieselnya mampu mencatatkan efisiensi hingga 20,77 km/liter.

Untuk harganya, Suzuki yang akan melepas Ertiga pada bulan Maret nanti di India, kabarnya akan dilepas dengan harga sekitar Rp 120,7 juta sampai Rp 138 juta.

"Peluncuran Ertiga di Indonesia ini bisa dibilang sebagai rekor baru di Suzuki seluruh dunia. Karena kami mempersiapkan alat-alat produksi mobil ini dengan sangat cepat," pungkasnya

Sumber: Detikoto

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More